Computer Networking Training

Bertempat di Kantor PUSPINDES (Pusat Pemberdayaan Informatika Perdesaan) Kabupaten Pemalang. Para Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) kecamatan Bodeh mengikuti pelatihan jaringan komputer (computer networking) selama 4 hari, dari tanggal 27 sampai 31 Maret 2017. Jaringan komputer (computer networking) merupakan istilah yang digunakan untuk hubungan antara dua komputer atau lebih, baik hubungan secara fisik maupun secara logika. Secara fisik komputer-komputer saling dihubungkan dengan menggunakan media transmisi, seperti kabel, saluran telepon, maupun jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless). Sedangkan secara logika komputer terhubung ke sebuah jaringan sesuai dengan hak akes yang dimilikinya sesuai dengan kedudukannya seperti dalam sebuah organisasi.

Salah satu materi pelatihan adalah tentang MikroTik Router  yaitu sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless. Program ini bersifat lanjut dan diharapkan peserta telah memiliki pengetahuan dasar tentang TCP/IP. Materi pelatihan difokuskan dan membahas tentang fungsi-fungsi dasar MikroTik, termasuk di dalamnya implementasi fungsi tersebut dalam jaringan.

Dengan semangat dan penuh antusias sebanyak 19 orang yang terbentuk dalam forum KPMD Kecamatan Bodeh mengikuti pelatihan tersebut yang difasilitasi oleh Relawan dari PUSPINDES. Gatot Ari Wibowo selaku fasilitator yang dalam materi praktikum dibantu secara bergilir oleh rekan-rekan KPMD Kecamatan Bodeh.

Tujuan dari pelatihan tersebut diharapkan para peserta pelatihan menjadi administrator jaringan komputer profesional dengan kemampuan:

  • Memahami konsep dan implementasi jaringan komputer;
  • Memahami dan menguasai cara pengkabelan dalam jaringan komputer;
  • Memahami hardware dan software jaringan komputer;
  • Memahami konsep dan implementasi routing dalam jaringan komputer.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *