KEPALA DESA

Profil Kepala Desa


WASMUN 1Beliau adalah seorang tokoh pejuang yang gagah berani dalam melawan Penjajah yang bernama WASMUN, masyarakat percaya dan yakin apabila desanya dipimpin oleh beliau. Dengan diadakan musyawarah adat maka diangkatlah Wasmun menjadi Lurah di Desa Pendowo mulai tahun 1905.

Wasmun Menikah dengan seorang wanita cantik bernama Kanyem, dari pernikahan itu dianugrahi 3 orang anak, 2 orang anak laki-laki dan 1 orang perempuan, anak pertama bernama Tambyan yang biasa dipanggil Tahar. Karena kebiasaan pada waktu itu panggilan untuk seorang ayah biasanya diambil dari nama anak pertamannya, sehingga kepala desa Wasmun akrab dipanggil “Bekel Tambyan”. Anak kedua seorang perempuan yang pintar dalam urusan perniagaan bernama Tesmi, kemudian anak ketiga yang terkenal Cerdas dan santun bernama Tardjuni.

Pada saat itu karena belum ada kantor/balai pertemuan desa, maka rumah kepala desa Tambyan yang berada di wilayah Dusun 3, RT 03-RW 05 dijadikan kantor desa.

Berdasarkan informasi dari perangkat desa sekarang Penataan lahan persawahan dan penataan jalan adalah hasil kebijakan dari kepala desa Tambyan, yang semula hutan belantara dan rawa-rawa, bersama penduduk beliau mempersiapkan Jalan untuk akses ke lahan persawahan juga sebagian tanah desa dijadikan lapangan olahraga, jelasnya.

Karena usia semakin lanjut dan penyakit yang dideritanya, beliau merasa sudah tidak mampu lagi menjalankan tugas sebagai kepala desa, maka beliau purna pada tahun 1946.

2 Tardjuni_msk


TARDJUNI adalah anak ketiga dari pasangan Wasmun dengan kanyem yang pernah menjabat kapala desa sebelumnya. Dari pernikahan dengan Sumarni atau akrab disapa “mak ISU” Tardjuni dianugrahi seorang anak laki-laki yang bernama Siswhadi yang sekarang menjadi seorang Dokter. Tadjuni menjabat kepala desa Pendowo mulai tahun 1946.

Kepala Desa Tardjuni melihat kondisi desanya belum memiliki kantor atau balai pertemuan , maka pada tahun 1978 beliau bertekad untuk mendirikan sebuah kantor/balai desa dengan menggunakan tanah desa. Bersamaan dengan tahun itu pula beliau mendirikan sebuah TK Pertiwi yang berada satu lokasi dengan SD Induk desa Pendowo, yang sekarang dinamakan SD N 1 Pendowo.

Akses jalan desa pada saat itu masih dibilang sempit dan hanya dapat dilalui Gerobak (Slongkro). Maka dengan metode musyawarah dengan warga terutama masyarakat pemilik tanah yang langsung bersentuhan dengan jalan. Beliau berhasil membuka jalan untuk dilebarkan sehingga layak atau bisa dilewati kendaraan roda 4 atau sejenisnya.

Desa pendowo pada tahun 1977 sampai 1979 atas usaha dan kebijakan dari kepala desa Tardjuni berhasil membangun tempat ibadah agama Islam, yaitu sebuah Masjid yang kemudian diberi nama Masjid Nurul Islam.

Program pemerintah saat itu mewajibkan desa untuk berperan aktif dalam ketertiban dan keamanan lingkungan didesanya, maka kepala desa Tardjuni bersama perangkat desa saat itu berencana untuk membangun POSKAMLING di setiap RW di desanya. Terbukti saat ini masih terlihat beberapa bekas bangunan poskamling tersebut.

Beliau menjabat sebagai kepala desa Pendowo selama 42 tahun, dari mulai tahun 1946 sampai 1988. Banyak jasa beliau terutama dibidang infrastruktur desa.


3 Cayono_msk

Kepala desa setelah Tardjuni adalah CAYONO Beliau menjabat dari tahun 1990 sampai 1998. Sebab kala itu Perda kabupaten Pemalang sudah mengatur masa bhakti Kepala Desa yaitu selama 8 tahun.

Kepala Desa Cayono saat itu berdomisili di RT01 RW 04 yang sekarang masuk wilayah Dusun 2. Menikah dengan ibu Sutijah dan mempunyai 2 orang anak, yaitu Hadiyulloh dan Poni Istikomah.

Listrik desa pada masa itu belum merata di desa Pendowo, sehingga beliau bertekad untuk pasokan listrik terutama pengadaan Tiang/pal listrik supaya masyarakat Pendowo dapat menikmati semua. Sehingga pada masa Cayono menjabat sebagai Kepala Desa Pendowo diadakannya beberapa tiang/pal listrik sehingga pasokan listrik bisa dikatakan merata di selurah warga masyarat Pendowo.

Beberapa pembangunan jembatan yang sebelumnya hanya berupa “brug Sasak” kepala desa Cayono berhasil membuat menjadi Jembatan yang permanen, diantaranya jembatan di dukuh Kapuran dan jembatan di Dusun 1.

 


4 Wasdi_msk

W A S D I

 

 

 

 

 

 

 


5 Risnoto_msk

R I S N O T O

 

 

 

 

 

 


6 Durahman_msk

H. DURAHMAN